Jumat, 26 Desember 2014

Radiator Racing untuk Yamaha R15 Dan R25


Salah satu pemasok komponen Yamaha Indonesia di arena balap, PT Anugerah Aneka Industri (AAI) memperkenalkan radiator racing untuk R Series. Produk dalam negeri ini tidak kalah dengan buatan mancanegara, bahkan radiator balap buatan AAI untuk Yamaha YZF-R1 sudah diekspor ke Amerika Serikat.
Pada Yamaha ASEAN Cup Race kemarin, radiator racing AAI digunakan pada Yamaha R15 dan R25. Kedua radiator ini punya kelebihan dibandingkan radiator standar. Salah satunya, menjadikan suhu motor lebih dingin, dan membuat tarikan lebih enteng. Lantaran suhu air pendingin lebih banyak, maka diameter radiator AAI lebih besar dari bawaan motor.


"Volume air radiatornya lebih banyak dari R15 dan R25 sandar pabrik. Bisa lebih 0,5 sampai 1,5 liter dari volume air radiator yang standarnya, makanya dia mampu mendinginkan suhu mesin," ujar Tetty Pay Den Fransisca, Junior Manager – Sales Dept. AAI.
Menurut Tetty, radiator racing R15 dan R25 menggunakan bahan tube dan fin berkualitas, membuat core menghasilkan perpindahan panas yang maksimal. Sementara filter radiator di desain untuk kemudahan dalam pengisian cooler liquid.
Desain inlet dan outlet pipa disesuaikan dengan desain mesin R25, sehingga mampu mendukung kelancaran sirkulasi cooler liquid. Kendati pemasangan mudah, dengan bracket kokoh pada radiator, namun bagian dalam fairing R25 perlu dicoak karena mentok dengan sisi kiri-kanan radiator.


"Iya memang kalau pakai fairing standar R25 tidak pas, perlu disesuaikan ulang. Karena kan ini radiator diperuntukkan buat balapan, walaupun harian juga bisa. Kalau buat balap kan desain fairingnya diubah disesuaikan dengan dimensi atau bentuk radiator racing," terang Tetty.
"Kalau buat R15 itu tinggal pasang, tidak mentok fairing dalam. Plug and play. Kita juga punya radiator racing buat New V-Ixion, tinggal pasang saja, namun desain lebarnya, serta harganya berbeda dengan R15," tambahnya.
Untuk harga, radiator racing Yamaha R15 dibanderol Rp 3,6 juta, R25 Rp 7 juta, dan R6 Rp 18 Juta. "Yang buat R1 kita belum bisa informasikan harga pastinya, tetapi berbeda dengan yang untuk pasar Amerika,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar